Selasa, 22 November 2011

Domba Garut

Domba Garut adalah Budaya Dan Budidaya Masyarakat Kabupaten Garut, keduanya merupakan dua sisi yang tak dapat dipisahkan satu sama lainya. Keberhasilannya dalam melakukan budidaya domba Garut karena berawal dari budaya masyarakat Garut yang sangat mencintai dombanya yang merupakan salah satu jenis domba unggulan yang ada di Dunia.
Demikian Sambutan Bupati Garut pada acara pelantikan Pengurus Himpunan Peternak Domba Kambing Indonesia (HPDKI) Kabupaten Garut periode 2011-2016 di Gedung Pendopo, Rabu (9/3). Hadir Wakil Bupati Garut R.Diky Chandra, Ketua DPRD Kab.Garut Ahmad Bajuri,SE, Para Kepala Forum Komunikasi Pemerintah Daerah Garut serta tamu Undangan yang Mulia Patuan Bona Bolu bersama Permaisuri dari Kesultanan Dhasa Nawula Tapanuli Selatan, Yang Mulia Mahraja Reza Pahlevi dari Kutai Mulawarman, Cheppy Kusumah bersama permaisuri dari Tarumanagara,Ki Badranaya dari yayasan Tumaritis, Ottih Rosatoyati dari Cakrabuana,Miranda H Wiharja dari Kala Nusantara, Setiajaya Satria Rassidy dari Bengkel studi budaya BESTDAYA Bandung.
Ketua Umum Himpunan Peternak Domba Kambing Indonesia (HPDKI) Provinsi Barat Ir.H. Yudi Guntara Nur melantik H. Deden Rohim dan Yudi Wahyudin D Sebagai Ketua Umum dan Sekretaris Umum HPDKI Kabupaten Garut periode 2011 -2016.
Lanjut Bupati, Ternak Domba Garut dipandang sangat strategis sebagai bagian dari upaya peningkatan kesejahteraan masyarakat Garut. Peningkatan Budidaya ternak domba dan kambing hanya dapat dilakukan apabila setiap peternak bersedia mengembangkan pola bagi hasil dengan anggota masyarakat lainya. Sehingga masyarakat disekitar peternakan pun mampu mengembangkan kapasitas perekonomiannya.
Selain itu hal yang paling utama dalam menjaga produktifitas ternak domba adalah meningkatkan optimalisasi reproduksi, dibandingkan dengan fokus pada kuantitas ternak, yang pada akhirnya kontinyuitas ketersedianan ternak domba dapat terjaga dengan baik. Kedepan HPDKI kabupaten Garut sebagai wadah berkumpulnya para peternak harus terus berupaya meningkatkan kampanye kepedulian terhadap upaya peningkatan produktifitas ternak domba.
Senada dengan Bupati, Yudi Guntara menjelaskan bahwa Kabupaten Garut khususnya sebagai daerah asal domba Garut yang merupakan flasma nutfah asli Indonesia harus mampu membuktikan kepada dunia bahwa Domba Garut merupakan identitas dan ciri khas masyarakat Garut, oleh karenya lewat budidaya yang merupakan budaya tadi domba Garut bisa mendunia. 

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar